Ibukota Jawa Barat juga merupakan ibu kota Asia dan Afrika : JIC

Bandung, ibu kota Jawa Barat dengan fakta menarik

Ibukota Jawa Barat terletak di kota Bandung. Banyak sekali masyarakat yang menyukai provinsi Jawa Barat karena keindahan alam dan kesejukan yang bisa dirasakan wisatawan. Jadi, di provinsi asal Jawa Barat ini ada 18 kabupaten dan 9 kota. Bandung sebagai ibu kota dibentuk pada tanggal 25 September 1810, sehingga sudah cukup tua.

Jika sampai saat ini ibu kota suatu provinsi atau negara sering disamakan dengan wilayah yang luas, padat dan terlihat jenuh, namun berbeda dengan kota Bandung. Ada banyak hal menarik yang Anda temukan di Bandung untuk dinikmati sendiri atau bersama orang-orang terdekat Anda.

Dengan usia yang telah melampaui 2 abad, ternyata Bandung pernah menjadi saksi bisu sejarah bangsa Indonesia dan dunia. Ada juga banyak momen penting yang terjadi di kota bunga ini. Jika  menurut Anda tertarik dengan berbagai fakta menarik untuk kota Bandung, maka Anda bisa membaca ulasan ini.

Asal usul ibu kota Jawa Barat

Masuki fakta pertama, asal usul nama Bandung yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang, termasuk masyarakat di dalamnya. Jadi Kota Bunga ini sebenarnya diciptakan dengan membentuk Sungai Citarum dari lava, yang telah dibuang oleh Gunung Tangkuban Perahu. Diyakini bahwa wilayah yang diciptakan adalah sebuah kota, itulah sebabnya disebut nama Bandung, yang berasal dari kata bendung.

Namun ada yang menyebutkan bahwa asal usul nama kota tersebut adalah falsafah orang Sunda, yang memiliki kalimat suci yaitu “nge-Bandung-an Banda Indung”, ternyata itu berarti segala sesuatu yang ada dan hidup di bumi, serta suasana di mana makhluk hidup dan benda mati dituntut.

Ibukota Jawa Barat merupakan salah satu wilayah yang masih kental dengan berbagai jenis budaya Sundan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Bandung memiliki nama yang agak filosofis, dimana ia memasukkan alam sebagai tempat semua makhluk hidup dan benda mati yang akan lahir dan hidup di Bumi Bumi, dan keberadaannya akan disaksikan oleh Yang Maha Kuasa.

Meskipun cukup filosofis dan memiliki banyak arti, tidak semua orang dari Kota Bunga sudah memahaminya. Dari sekadar memilih nama, memiliki makna sejarah yang cukup unik untuk bandung terlihat seperti untuk dijelajahi.

Ibukota Jawa Barat juga merupakan ibu kota Asia dan Afrika

Fakta menarik berikutnya yang dapat Anda  temukan di Kota Bunga sering disebut ibu kota Asia dan Afrika. Saat itu, bersama India, Myanmar, Pakistan dan Sri Lanka, ternyata Indonesia merupakan salah satu negara pelopor Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan pada tahun 1955.

Tujuan konferensi ini adalah untuk memperkuat hubungan persaudaraan antara negara-negara Asia dan Afrika, serta untuk memerangi kolonialisme Barat. Dalam konferensi tersebut, ternyata Kota Bandung menjadi tuan rumah KTT dan 29 negara dari benua Asia dan Afrika ambil bagian di dalamnya.

Ibu kota Jawa Barat berhasil mencapai kesepakatan 10 poin dalam konferensi tersebut. Akhirnya, sebuah pernyataan dari Dasasila Bandung mengumumkan bahwa itu akan menjadi pohon muda untuk pembentukan gerakan yang tak tertandingi pada tahun 1961.

Menyentuh dan berani menjadi saksi dunia, ternyata kota Bandung pernah dijuluki sebagai ibu kota Asia dan Afrika, meski tidak secara resmi demikian. Bahkan pada saat itu, perdana menteri India mengatakan bahwa “Bandung adalah ibu kota Afrika di Asia.”

Bahkan saat ini, gedung yang digunakan untuk konferensi masih berdiri kokoh. Salah satu bagian bangunan ini digunakan sebagai Museum Konferensi Asia Afrika, yang sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan untuk mendapatkan liburan pendidikan bagi anak-anak. Kota bunga sangat menarik, karena pariwisatanya cukup lengkap.

Dikenal sebagai Lautan Api Bandung, ibu kota Jawa Barat,

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan lagu Halo-Halo Bandung, dimana disebutkan dalam lirik lagu bahwa kita adalah lautan api Bandung. Bagi yang bukan orang Bandung, mungkin mereka merasa penasaran dengan apa arti Lautan Api. Tetapi jika Anda menghadiri pelajaran sejarah ketika Anda masih di sekolah dasar, Anda pasti harus memahami hal ini.

Jadi yang dimaksud Bandung Lautan Api adalah momen bersejarah pada 23 Maret 1946.At saat itu ada sekitar 200 ribu penduduk yang membakar rumahnya agar kota ini terlihat seperti lautan api.

Warga membakar rumah mereka dan meninggalkan Bandung untuk pergi ke daerah pegunungan di Bandung selatan. Pembakaran massal rumah tentu tidak mungkin tanpa alasan, sehingga masyarakat berusaha mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda menggunakan ibu kota Jawa Barat , Bandung, sebagai markas militer strategis selama Perang Kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa ini tentunya sangat bersejarah bagi Indonesia, sehingga dikenal dalam sebuah lagu yang bahkan mungkin telah dihafal oleh generasi muda selama ini. Peristiwa sejarah yang agak heroik ini akan dikenang hingga hari ini.

Di Lautan Api, bahkan ada Monumen Bandung, yang bisa Anda temukan untuk memperingati momen bersejarah ini. Lokasinya adalah jalan BKR, Ciateul, Bandung.  Anda dapat mengunjungi monumen bersama anak-anak Anda dan orang-orang terdekat.

Ibukota Jawa Barat Bandung menjadi pusat mode

Selain sejarah, ternyata di kota Bandung juga ada satu hal lagi yang cukup menarik, yaitu menjadi salah satu fashion center di Indonesia. Hal ini sebenarnya sudah menjadi fakta yang sudah dikenal luas, dimana Bandung merupakan tempat fashion terbaik yang bisa ditemukan.

Ibu kota Jawa Barat telah dikunjungi oleh para pecinta fashion. Padahal, sudah sangat lama sekali Kota Kembang menjadi salah satu sentra fashion di Indonesia.  Anda dapat menemukan berbagai merek terkenal dari luar negeri dan lokal, yang dapat dibeli dengan harga standar.

Jika Anda ingin mendapatkan brand ternama dari luar negeri, mungkin harganya tidak jauh berbeda dengan sejumlah tempat lainnya. Namun jika ingin mendapatkan produk lokal, maka percayalah bahwa fashion bandung memberikan harga yang relatif lebih murah.

Hingga saat ini, ibu kota Jawa Barat seperti pusat bisnis. Berapabanyak perusahaan toko pakaian yang mencari berbagai model fesyen terbaru dengan harga terjangkau untuk dijual kembali. Bukan hanya masyarakat Bandung, namun sering dilakukan oleh sebagian masyarakat dari luar daerah.

Keunikan kota bunga sebagai salah satu pusat mode Indonesia ternyata sangat diapresiasi oleh masyarakat. Hampir semua wisatawan yang datang ke kota tentu akan mencari pusat perbelanjaan dengan harga yang cukup murah.

Masih banyak fakta menarik yang bisa kamu  temukan dari kota bunga. Sebagai salah satu masyarakat Indonesia, rasanya sangat penting untuk mengetahui potensi kota yang satu ini. Hal ini terlihat dari banyaknya wisatawan yang selalu berkunjung ke daerah Bandung hanya untuk mengetahui sisi menarik kota.

Anda bisa mencoba menikmati liburan Anda di daerah Bandung dan merasakan kenyamanan yang agak menakutkan ketika berada di  ibu kota Jawa Barat bersama orang-orang terdekat.

Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.